PENYERAHAN SERTIFIKAT WARISAN BUDAYA TAK BENDA ( UPACARA ADAT NYANGGRING ) OLEH IBU GUBERNUR

Penyerahan Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Tahun 2021 oleh Gubernur Jawa Timur Ibu @khofifah.ip

kepada Bupati Lamongan Bapak @yuhronur_yes dalam acara

East Java Tourism Award (ETJA) 2021

Ketetapan itu diumumkan setelah Sidang Penetapan oleh Tim Ahli dari Direktorat Perlindungan Kebudayaan, Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, pada Jumat (29/10/2021) kemarin.

dekat, hal ini merupakan ketetapan yang kedua kalinya, setelah pada 2013 lalu, Lamongan juga mencatatkan kebudayaan tak bendanya menjadi WBTB Nasional, yakni Seni Pertunjukan Kentrung yang berasal dari Kecamatan Solokuro.

“Ini tentu menjadi kabar yang sangat membahagiakan dan membanggakan bagi kami masyarakat Lamongan. Kini ada dua karya budaya Lamongan yang mendapat pengakuan secara nasional setelah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional,” ujar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, saat dikonfirmasi, Sabtu (30/10/2021).

Suasana saat berlangsungnya ritual adat Mendhak Sangring yang turun-temurun di Desa Tlemang Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan, 24-27 Jumadil Awal Tahun Hijriah.
Selanjutnya, pria yang akrab disapa Bupati YA ini mengaku juga akan terus melakukan upaya pelestarian karya budaya Lamongan lainnya. Menurutnya, karya sering menjadi solusi perekat dalam kehidupan sosial di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan Siti Rubikah menuturkan, bahwa WBTB atau Warisan Budaya Takbenda merupakan wujud kebudayaan yang bersifat tak dapat dipegang (abstrak).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>